Kegiatan pelayanan dan penyuluhan
merupakan tugas pokok dan fungsi utama di KP2KP. Sebagai kantor yang menangani
wilayah Madiun yaitu Kabupaten Madiun pada khususnya, yang terdiri dari 15
Kecamatan, KP2KP Caruban melaksanakan fungsi pelayanan dan penyuluhan dengan
menggunakan berbagai cara dan inovasi guna menarik minat Wajib Pajak agar
peduli dan taat atas kewajiban perpajakannya. Seperti telah diketahui bahwa
lokasi kantor KP2KP Caruban tidak berada di Kabupaten Madiun. Tetapi berada di
Kota Madiun. Sehingga Wajib Pajak yang
berlokasi atau berdomisili di Kabupaten Madiun akan merasa terlalu jauh untuk
menjangkau baik KPP Pratama Madiun maupun KP2KP Caruban. Atas dasar
pertimbangan inilah KP2KP Caruban berupaya untuk menggunakan cara dan inovasi
yang memungkinkan dapat menarik minat Wajib Pajak agar Wajib Pajak dengan
sukarela memenuhi kewajiban perpajakannya. Diantara inovasi yang telah
dilakukan terkait pelaksanaan fungsi penyuluhan dan pelayanan di KP2KP Caruban
adalah :
1.
Membuka
Pos Pelayanan Pajak di Wilayah Dolopo dan Caruban
Kondisi geografis Kabupaten dan Kota Madiun oleh sebagian
orang sering disebut dengan istilah “telur ceplok”. Hal ini karena Kota Madiun
terletak di tengah-tengah yang dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Madiun.
Dengan kondisi geografis seperti ini, banyak Wajib Pajak yang berada di wilayah
kabupaten bagian ujung selatan dan timur yang mengeluh karena lokasi kantor
pajak yang terlalu jauh. Untuk diketahui bahwa wilayah Dolopo terletak di ujung
selatan Kabupaten Madiun, sedangkan wilayah Caruban terletak di ujung sebelah
timur Kabupaten Madiun. Atas dasar ini maka KP2KP Caruban berinisiatif membuka
Pos Pelayanan di kedua wilayah tersebut yang buka setiap hari kerja pukul 09.00
s.d 13.30 WIB. Pos Pelayanan ini menerima baik laporan SPT Masa maupun SPT
Tahunan, pendaftaran NPWP dan juga segala bentuk pelayanan yang ada di KP2KP.
Meski demikian segala pelayanan tersebut masih dilakukan secara manual karena
keterbatasan fasilitas dan sarana prasarana.
2.
Memberikan
“Doorprize Lucky Draw” kepada Wajib
Pajak yang melaporkan SPT Masa sebelum tanggal 10 setiap bulannya.
Doorprize yang diberikan berupa souvenir cantik yang mungkin dapat menarik minat Wajib Pajak untuk
melaporkan SPT Masa di awal-awal bulan pelaporan guna menghindari terlambat
lapor dan juga untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak. Pemberian doorprize ini juga bertujuan untuk
memberikan perhatian dan reward
kepada Wajib Pajak yang telah melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik.
3.
Melakukan
“Jemput Bola” pelaporan SPT Tahunan
Pada setiap penerimaan pelaporan SPT Tahunan, KP2KP
Caruban selalu mengadakan “jemput bola” SPT Tahunan. Inovasi ini disambut baik
oleh Wajib Pajak melalui antusiasme Wajib Pajak untuk mengkoordinir karyawan/
pegawai di tempat kerjanya untuk melaporkan SPT Tahunan secara kolektif, yang
akan diambil oleh petugas di KP2KP Caruban.
4.
Sosialisasi
dan Ngisi Bareng SPT Tahunan melalui e-Filing
Kegiatan ini baru dilakukan KP2KP Caruban dalam pelaporan
SPT Tahunan Tahun Pajak 2013. Kegiatan ini dilakukan dengan cara petugas KP2KP
mendatangi kantor/ instansi Wajib Pajak untuk melakukan sosialisasi cara
pengisian sekaligus pengisian SPT Tahunan secara bersama-sama. Meskipun masih
banyak terdapat kendala, baik teknis maupun non teknis, tetapi kegiatan ini
disambut baik oleh Wajib Pajak karena membantu memudahkan Wajib Pajak yang
masih mengalami kesulitan dalam pengisian SPT Tahunan.
5.
SMS
notifikasi untuk mengingatkan pelaporan SPT Masa
Pada tanggal-tanggal menjelang batas akhir pelaporan SPT
Masa, KP2KP Caruban melakukan pengiriman SMS kepada Wajib Pajak yang telah
mencantumkan nomor handphone pada
waktu melakukan pelaporan SPT Masa. SMS ini berisi peringatan tentang batas
akhir pelaporan SPT Masa dan himbauan untuk segera melakukan pelaporan SPT Masa.
Namun demikian SMS ini masih dilakukan secara manual karena keterbatasan
fasilitas yang ada.
Demikan
inovasi-inovasi yang pernah dilakukan KP2KP Caruban terkait pelaksanaan fungsi
pelayanan dan penyuluhan, di samping kegiatan-kegiatan penyuluhan yang pernah
dilakukan di KP2KP Caruban, seperti penyuluhan langsung di lokasi Wajib Pajak, penyuluhan
melalui Talk Show di radio, kegiatan
Aksi Simpatik, Pojok Pajak, Tax Goes To
School, Tax Goes To Pesantren dan
lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar